Kindle Fire Coupon Kindle Fire Coupon 2012 Kindle DX Coupon 2012 Kindle Fire 2 Coupon Amazon Coupon Codes 2012 Kindle DX Coupon PlayStation Vita Coupon kindle touch coupon amazon coupon code kindle touch discount coupon kindle touch coupon 2012 logitech g27 coupon 2012 amazon discount codes
Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Fatwa » Siapakah Yang Berhak Menjadi Waliku.?

cincin_nikahPERTANYAAN :

Pada bab perwalian dalam pernikahan, ada pertanyaan dari SAYYIDAH RUQOYYAH, dia berkata : saya seorang gadis yang memiliki seorang ayah yang telah mengabaikan pemberian nafkah (kepadaku) sepanjang hidupku, dia tidak pernah memberi nafkah hingga saya baligh, akan tetapi paman kandung sayalah yang telah menafkahi saya. Dia telah menafkahi saya sejak lahir hingga baligh, sampai pada biaya pendidikan (dia yang menaggung), dan hal itu berlangsung sampai sekarang. Dan ketika ada seorang lelaki ingin menikahi saya, maka terjadilah pertikaian antara ayah saya dan paman saya dalam hal perwalian saya dalam pernikahan, maka siapakah di antara keduanya yang lebih berhak dalam masalah perwalian.?

Demikian pula ibu saya, jika dia memberi nafkah kepada saya dan saudara-saudara saya tidak berasal dari ayah saya. Apakah si pemberi nafkah lebih memiliki hak perwalian dari selainnya dari para pemilik perwalian.? Kami harapkan penjelasan dari anda. Jazaakumullohu khoiron.

JAWABAN :

Perwalian terhadap seorang wanita di dalam akad nikah adalah hak ayah kemudian orang yang dia wasiatkan, kemudian hak kakek dari pihak ayah, kemudian hak kerabat yang terdekat yang lain, seperti pada perkara warisan. Dan ketika ayah tidak memberi nafkah kepada putrinya, tidaklah mejatuhkan perwaliannya atas putrinya.

FATWA LAJNAH DAAIMAH LIL BUHUTSIL  ILMIYATI WAL IFTAA’,  Jilid. 18,  Hal : 144

Diterjemahkan oleh : Al-Ustadz Salman Mahmud Hafizhahullah

 

Share

Leave a Reply

© May 24, 2013 Ahlussunnah Mamuju · Subscribe:PostsComments · Portal Wordpress Theme designed by Theme Junkie